Identifikasi dan Kajian Pengembangan Pasar Kreatif Nusantara, Upaya Untuk Memajukan Pasar-Pasar di Indonesia

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

WhatsApp Image 2021-01-25 at 14.01.00Direktorat Regulasi Deputi Kajian Strategis, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) bersama dengan Pusat Pengembangan Kewirausahaan, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Sebelas Maret (PPKwu LPPM UNS) melakukan kegiatan Identifikasi dan Kajian Pengembangan Pasar Kreatif Nusantara. Kegiatan ini bertujuan untuk mengidentifikasi dari berbagai pasar kreatif yang telah berkembang di Indonesia yang beberapa jenis pasar telah mampu meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar dan mampu meningkatkan jumlah wisatawan. Oleh karena itu, hasilnya dapat menjadi acuan untuk duplikasi yang dapat dikembangkan. Sehingga mendukung sektor ekonomi kreatif dan pariwisata suatu daerah dengan merujuk pasar-sss-minpasar kreatif yang telah berkembang.

Kegiatan diawali dengen persiapan dan melakukan kajian literatur dan kajian empirik yang dilakukan adalah dengan menyusun instrumen, pengambilan data, dan pengembangan pasar kreatif yang kemudian dilakukan analisis data terkait kajian pengembangan pasar kreatif nusantara. Tahapan selanjutnya selajutnya adalah monitoring dan evaluasi serta diseminasi.

Dalam pengumpulan data pertama dilaksanakan di Pasar Papringan Temanggung, Jawa Tengah pada tanggal 18 Oktober 2020 dan kedua di M Bloc Space yanga berada di Jakarta Selatan pada tangal 25 Oktober 2020. Keduanya dipilih karena merepresentasikan pasar kreatif di daerah pedesaan dan daerah perkotaan.

124176001_383203159790669_634441725538163454_nKegiatan dilanjutkan dengan workshop yang dilaksanakan di Temanggung pada tanggal 17 – 19 September 2020. Workshop ini dilakukan sebagai langkah awal dari pembuatan konsep dan rancangan kegiatan riset dan pembakuan pasar papringan. Kemudian kegiatan pengembangan Pasar Kreatif M Bloc Space yang merupakan Creative hub yang arah pengembangannya menuju M Bloc Market dimana M Bloc Market ini merupakan grocery store yang menjual hasil pertanian lokal. Kegiatan ini diisi dengan Webinars Workshop Series UKM Webinar: Fenomena Apresiasi Brand Lokal Keren dan Placemaking Webinar: Creative Placemaking pada tanggal 13 November 2020. Pada tanggal 14 November 2020 dilanjutkan dengan Virtual Music Biz Workshop dan Emerging Showcase yang menjadi panggung untuk mewadahi para pemusik indie.

Kegiatan ini diakhiri dengan Diskusi kelompok terpumpun monitoring dan evaluasi dilaksanakan di Hotel Aston Solo pada tanggal 27 November 2020 yang dihadiri oleh Tim Penyusun Kajian UNS dan Tim dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatfi/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.