INDUSTRI RUMAHAN KERIPIK TEMPE DAN JAMUR KRISPI DARI JENDI

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Jamur dan tempe merupakan kuliner yang sangat nikmat. Makanan olahan dari jamur dan tempe yang paling digemari konsumen adalah keripik tempe dan jamur krispi. Dua makanan ini adalah yang paling banyak dicari di daerah manapun. Penikmatnya bukan hanya orang dewasa namun juga anak – anak. Hal ini dikarenakan keripik tempe dan jamur krispi mempunyai rasa yang gurih dan renyah. Selain itu kandungan dalam jamur maupun tempe sangatlah baik di mata masyarakat.

Keunggulan dari jamur tiram yaitu mengandung banyak zat yang penting bagi tubuh, di antaranya serat, beta glucan, vitamin B, mineral, kalium, dan beberapa jenis karbohidrat. Jamur ini baik dikonsumsi karena bebas lemak, rendah kalori, dan bebas kolesterol. Sedangkan Tempe mengandung beberapa zat yaitu protein yang lebih kaya dibanding daging, kalsium yang setara dengan susu sapi, satu-satunya sumber vitamin B12 dari nabati, dan dapat sebagai antioksidan.

Ya dengan melihat kandungannya saja, pasti akan menarik penikmat kuliner bukan?

Wagiyanto, merupakan warga Jendi yang saat ini sedang mengembangkan usaha tersebut. Beliau menggandeng ibu – ibu rumah tangga di dekat rumahnya untuk membuat keripik tempe maupun jamur krispi. Namun ternyata upaya ini belum maksimal, terdapat kendala di lapangan berupa kesulitan dalam mempromosikan produknya. “Ibu – ibu yang tergabung dalam UKM Putri Mandiri ini belum menerapkan packaging yang baik dan belum sepenuhnya memanfaatkan media online untuk promosi” jelas Wagiyanto dari desa Jendi.

PPkwu sebagai salah satu pusat studi yang melakukan kegiatan pengabdian masyarakat memberikan solusi terkait kendala UKM Putri Mandiri dengan memanfaatkan sistem kemitraan bersama pemuda karang taruna Jendi. “Memang dibutuhkan suatu kerjasama antara ibu – ibu dan pemuda agar dapat saling melengkapi. Dari sini pemuda juga dapat belajar memanfaatkan waktu luangnya dengan melakukan hal bermanfaat” jelas Irsyadul Ibad ketua pengabdi. Para pemuda yang lebih melek teknologi diberi tugas untuk membantu promosi melalui media online. “Saat ini media online yang kita kembangkan untuk promosi adalah website dan buka lapak” tambah Dimar dari PPkwu.

Selain memberikan solusi tersebut, PPKwu secara berkala memberikan pendampingan usaha baik secara langsung maupun tidak langsung. Baru – baru ini PPKwu memberikan kemasan untuk keripik tempe dan Jamur Krispi agar kemasan lebih menarik.