PELATIHAN BATIK PRINTING BAGI ANAK-ANAK PPSA PAMARDI UTOMO BOYOLALI

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Selasa  20 Oktober 2020,  Tim Pengabdian dari Pusat Pengembangan Kewirausahaan (PPKwu) LPPM Universitas Sebelas Maret mengadakan kegiatan pelatihan batik printing. Kegiatan ini ditujukan kepada anak-anak PPSA Pamardi Utomo di Boyolali. Kegiatan tersebut dipandu oleh Vicky Al-Amin, owner Batik Elang Jawa  yang merupakan mitra II dalam program pengabdian P2M UNS tahun 2020. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di Aula PPSA Pamardi Utomo Boyolali pukul 08.00 WIB.

Kegiatan ini berlangsung kurang lebih 4 jam. Kegiatan pelatihan batik printing ini dimulai dari aktivitas perendaman dan peremasan  kain mori untuk menghilangkan sisa kanji, proses penyablonan, penguncian warna sampai penjemuran kain yang sudah tersablon.  Anak-anak PPSA Pamardi Utomo Boyolali diberikan kesempatan untuk mencoba praktik langsung dengan dipandu oleh Vicky Al-Amin selaku pelatih dalam kegiatan ini.

Vicky Al-Amin selaku tim pelatih sekaligus mitra II (pemilik Batik Elang Jawa, Sragen)dalam pengabdian ini mengatakan bahwa,’ Anak-anak PPSA Pamardi Utomo Boyolali sangat antusias dalam mengikuti setiap rangkaian kegiatan dari awal sampai akhir.’

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas keterampilan dan kemandirian bagi anak-anak Panti Pelayanan Sosial Anak “Parmadi Utomo” Boyolali sehingga dapat digunakan sebagai bekal untuk memperbaiki kualitas hidupnya.

Kristiandi, SS., MA selaku ketua tim pengabdi mengatakan bahwa,” Prospek usaha batik printing ini semakin hari semakin tinggi, hal inilah yang melatarbelakangi kami untuk memberikan pelatihan ini.”

Kegiatan pelatihan ditutup pukul 12.00. Hasil akhir dari pelatihan ini adalah kain mori yang sudah tersablon sesuai dengan desain motif yang dipilih. Hal ini menunjukkan bahwa anak-anak PPSA Pamardi Utomo Boyolali  merupakan anak yang   memiliki jiwa entrepreneurship yang tinggi karena telah  mau dan mampu  mengikuti pelatihan dari awal hingga akhir. Semoga kedepannya ilmu yang diperoleh dapat digunakan sebagai bekal  untuk meningkatkan taraf  hidup mereka.

ss ss1 ss2 ss3 ss4 ss5