Kemenparekraf dan PPKwu LPPM UNS Bekerjasama dalam Penyusunan Kajian Regulasi dan Deregulasi tentang Sistem Pemasaran Produk Ekraf Berbasis KI

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

IMG_8429-minKegiatan Kajian Regulasi dan Deregulasi tentang Sistem Pemasaran Produk Ekonomi Kreatif Berbasis Kekayaan Intelektual kerjasama antara Direktorat Regulasi, Deputi Bidang Kebijakan Strategis, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan Pusat Pengembangan Kewirausahaan, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Sebelas Maret (PPKwu LPPM UNS) yang diperlukan guna mengidentifikasi mengenai kebutuhan pengaturan dalam bentuk regulasi ataupun perlu adanya identifikasi terhadap regulasi yang perlu disempurnakan terkait dengan kebutuhan pengembangan ekonomi kreatif. Kegiatan ini ttelah dilaksanakan selama delapan kali kegiatan. Untuk menyamakan persepsi kegiatan diawali dengan Kick-Off Meeting di Hotel Mercure BSD, Tangerang Selatan pada tanggal 22 Juli 2020. Acara ini dihadiri oleh tim dari Kemenparekraf dan PPKwu LPPM UNS, yang bertujuan untuk membahas rencana pelaksanaan kegiatan yang akan dilakukan dan pengarahan dari Deputi Bidang Kebijakan Strategis Ibu R. Kurleni Ukar, M.Sc kepada tim pelaksana dari PPKwu LPPM UNS.

tes aja-min-minKegiatan selanjutnya yaitu Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) Pengumpulan Data yang dilaksakan selama empat kali secara daring maupun luring yang pertama dilaksanakan di D.I. Yogyakarta, tepatnya di Hotel Harper Malioboro pada tanggal 12 Agustus 2020. Kedua, di Hotel Aston Tropicana, Bandung pada tanggal 12 Agustus 2020. Ketiga, di Hotel Megaland, Solo pada tanggal 2 September 2020 dan ke empat dilaksanakan di Hotel The Sunan Solo, pada tanggal 23 September 2020. Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan diskusi secara terarah dan menyusun informasi dan data yang terkait Kajian Regulasi dan Deregulasi Tentang Sistem Pemasaran Produk Ekonomi Kreatif Berbasis Kekayaan Intelektual.

Kegiatan yaitu Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) Pengumpulan Data dihadiri narasumber dari Kemenparekraf yaitu Ibu R. Kurleni Ukar selaku Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif M.Sc, Bapak Ari Juliano Gema selaku Staff Ahli Menteri bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bapak Dr. Sabartua Tampubolon, SH, MH Direktur Regulasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Franc Orlando, SH., MH. Selaku Kepala Subdirektorat Regulasi Bidang Ekonomi Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sedangkan dari PPKwu LPPM UNS dihadiri oleh Bapak Dr. Ir. Eddy Triharyanto, MP. Selaku Ketua Pelaksana dan Ibu Susantiningrum, S.Pd., S.E., MAB. Selaku Kepala PPKwu LPPM UNS.

Kegiatan Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) Pengumpulan Data, juga mengundang narasumber luar. Diantaranya seorang penulis buku anak-anak, Ali Muakhir dari Sygma Media Inovasi, Fauziyah Novita Tajuddin, S.H., M.H., CRA. dari IURIS Law Firm, Prof. Dr. Erika Budiarti Laconi, MS dari Direktorat Inovasi dan Kekayaan Intelektual Institut Pertanian Bogor (IPB), Juliane Sari Manurung dari Asosiasi Konsultan Hak Kekayaan Intelektual Indonesia (AKHKI). Selain itu kami juga mengundang pihak instansi pemerintah daerah, akademisi, maupun praktisi antara lain Dinas Pariwisata, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kanwil 2, Amikom Yogyakarta , Mada, Montase Film Community, Sego Sambel Surabaya Iwak Pe, Black Kebab, HDII Yogyakarta, The Joedo Center, Digital Innovation Lounge (DILo), Dicoding, Sekewood, Armstrecth Record, My Kopi-O, Wahana Records, PT. Digital Semantika Indonesia, dan praktisi-praktisi lainnya.

Setelah dilaksanakan pengumpulan data, maka dilaksanakan kegiatan Pembahasan Hasil Kajian pada tanggal 13 Oktober 2020 di Hotel Lor In Solo. Tujuan kegiatan ini untuk melakukan diskusi secara terarah mengenai data yang telah diperoleh dan menyusun informasi dan data yang terkait data yang telah diperoleh pada kegiatan Kajian Regulasi Dan Deregulasi Tentang Sistem Pemasaran Produk Ekonomi Kreatif Berbasis Kekayaan Intelektual. Dari pembahasan tersebut ditemukan beberapa data yang belum terpenuhi, sehingga pada tanggal 28-30 Oktober 2020 di Hotel Alana Solo dilaksanakan kegiatan Pendalaman Data guna memperdalam dan melengkapi data yang dibutuhkan oleh tim pelaksana dengan menghadirkan kembali praktisi-praktisi dan akademisi.

Pada akhirnya tanggal 3 Desember 2020 di Hotel Alila Solo, dilaksanakan monitoring dan evaluasi oleh tim Kemenparekraf dan PPKwu LPPM UNS untuk Melakukan diskusi secara terarah mengenai kegiatan yang telah dilaksanakan kemudian mendiskusikan strategi tindak lanjut dari kegiatan Kajian Regulasi Dan Deregulasi Tentang Sistem Pemasaran Produk Ekonomi Kreatif Berbasis Kekayaan Intelektual.