Penyusunan Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria (NSPK) Industri Ekraf Bidang Usaha Fotografi dan Periklanan oleh Kemenparekaf bersama PPKwu LPPM UNS

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

2Direktorat Industri Kreatif Film, Televisi, dan Animasi dibawah Deputi bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berkerjasama dengan Pusat Pengembangan Kewirausahaan, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Sebelas Maret (PPKwu LPPM UNS) yang bertujuan untuk menyusunan Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria (NSPK) Industri Kreatif Bidang Usaha Fotografi dan Periklanan. NSPK berupa peraturan perundang-undangan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat sebagai pedoman dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan konkruen yang menjadi kewenangan pemerintah pusat dan daerah. NSPK disusun untuk memperjelas urusan yang dilaksanakan pemerintah pusat dan daerah sekaligus memperjelas Standar Pelayanan Minimal (SPM) sebagai upaya pemberian pelayanan yang tepat kepada masyarakat.

3Kegiatan dilaksanakan oleh tim peneliti PPKwu yang diketuai oleh Susantiningrum, S.Pd., SE., MAB selaku Kepala Pusat Pengembangan Kewirausahaan LPPM UNS. Sedangkan anggota tim pelakasana adalah para pakar akademisi dibidang hukum, ekonomi, fotograsi, periklanan serta bidang terkait lainnya. Diawali dengan Kick-Off Meeting dilaksanakan di Swiss-Bell hotel Surakarta pada tanggal 19 September 2020 dengan tujuan untuk memaparkan hasil kajian literatur oleh tim Peneliti serta mendapatkan pengarahan dari Direktur Industri Kreatif Film, Televisi, dan Animasi terutama terkait fokus dan output kegiatan yang ingin dicapai. Pelaksanaan kegiatan ini diadakan di Swiss-Bell hotel Surakarta pada tanggal 19 September 2020. Kegiatan tersebut dihadiri oleh pejabat internal Kemenparekraf/Baparekraf dan tim UNS.

Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) Pengumpulan Data selama tiga kali yaitu pertama di Surakarta bertempat di The Sunan Hotel pada tanggal 03-04 Oktober 2020. Kedua dilaksanakan di Hotel Four Point by Sherathon Bandung pada tanggal 11-10 Oktober 2020, dan terakhir di Swiss-bellhotel Solo pada tanggal 03-04 November 2020. Audien kegiatan tersebut terdiri dari unsur-unsur Kemenparekraf/Baparekraf, Dinas atau Pemerintah Daerah, Akademisi, Pelaku ekonomi kreatif, dan tim UNS.

Setelah dilaksanakannya Pengumpulan Data, dilanjutkan dengan kegiatan Monitoring dan Evaluasi ini dengan menghadirkan tim Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan tim penyusun UNS. Kegiatan Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) Monitoring dan Evaluasi dilaksanakan di Harris Hotel Solo pada tanggal 05-06 Desember 2020. Dari kegiatan tersebut terdapat masukan-masukan untuk perbaikan terhadapk NSPK yang telah disusun.

4Pada akhirnya dilaksanakan Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) Diseminasi yang dilaksanakan di The Alana Hotel Solo pada tanggal 19 Desember 2020. Pada pengumpulan data ini dilakukan secara mix luring dan daring dengan menggunakan media Zoom Meeting. Audien kegiatan tersebut terdiri dari unsur-unsur Kemenparekraf/Baparekraf, Dinas atau Pemerintah Daerah, Pelaku ekonomi kreatif, dan tim UNS. Diseminasi bertujuan untuk memberikan gambaran NSPK yang disusun dan disebarkan dengan metode perencanaan yang matang serta pandangan jauh ke depan baik melalui diskusi atau forum lainnnya yang sengaja diprogramkan, sehingga terdapat kesepakatan untuk melaksanakan hasil bahasan tersebut.