PPKwu LPPM UNS Memberikan Subsidi Pakan

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

picture-032

PPKwu LPPM UNS merupakan pelaksana kegiatan Pendampingan Peternak Sapi Perah mitra binaan PT Pertamina (Persero). Kegiatan tersebut merupakan kerjasama antara LPPM UNS dengan PT Pertamina (Persero).

Dalam menjalankan usaha budidaya ternak sapi perah, peternak selalu dihadapkan pada permasalahan yang sulit dihadapi secara individual seperti pemasaran susu, pakan yang berkualitas dan kesehatan hewan baik dari penyakit maupun insiminasi buatan (IB).

Dalam rangka menyelesaikan permasalahan tersebut PPKwu LPPM UNS melakukan beberapa kegiatan diantanya yaitu:

  1. Kerjasama dengan pabrik susu pasteurisasi CV.Cita Nasional dalam hal pemasaran susu.
  2. Kegiatan Pemeriksaan dan terapi Kebuntingan pada ternak secara gratis.
  3. Pembuatan pakan ternak yang berkualitas.

pengeluaran yang paling besar dirasakan peternak yaitu untuk pakan ternak (konsentrat) karena harga pakan dipasaran sangat mahal yaitu antara 1.600 – 2.100 per kg. disamping harga yang mahal, kualitas pakan tidak terjamin, karena pengusaha pakan selalu mengutamakan profit bukan kepentingan peternak, sehingga selama ini peternak sapi perah hanya menjadi perahan pengusaha pakan.

pemberian pakan tidak sesuai standar berakibat pada misnutrisi atau gizi buruk sehingga produksi dan performa ternak menurun bahkan sulit kawin. oleh karena itu PPKwu LPPM UNS melakukan produksi pakan ternak yang berkualitas dengan harga terjangkau, dengan harapan performa dan produksi ternak dapat meningkat.

Dalam perbaikan performa ternak PPKwu memberikan subsidi pakan ternak yang dapat digunakan selama 10 hari gratis. pemberian subsidi pakan ternak ini bertujuan untuk membantu peternak dalam menyelesaikan perasalahan selama ini.