PPKwu UNS Mengadakan Pelatihan Pengolahan Buah Pepaya

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
pemateri dan peserta pelatihan

pemateri dan peserta pelatihan

Kabupaten Boyolali merupakan salah satu sentra penghasil buah pepaya di Jawa Tengah, untuk itu tidak heran jika kita berkunjung ke Boyolali kita akan banyak menjumpai tanaman pepaya. Boyolali memasok pepaya ke kota-kota sekitar seperti Solo ataupun Jogja. Produksi pepaya yang melimpah tersebut terkadang menjadi masalah, karena ternyata dapat menyebabkan harga pepaya jatuh. Pada saat panen raya harga pepaya per buahnya hanya dihargai Rp. 2000-3000, sedangkan dipasaran harganya berdasarkan satuan berat yaitu perkilogram dapat mencapai Rp 3000.

Ketika produksi banyak dan harga jatuh, tentunya perlu upaya untuk mengatasi hal tersebut berkaca dari itu PPKwu UNS mengadakan pelatihan pengolahan buah pepaya menjadi berbagai produk. Pelatihan tersebut dibuka oleh Dimar Hantari, SP serta dipimpin oleh Bapak IF. Nurcahyo, S.Si, M.Si dengan pelatihan penggunaan alat pengemas untuk mengemas olahan dengan kemasan cup plastik, yang selanjutnya dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Bapak Bara Yudhistira, S.TP.,M.Sc terkait produk turunan berbahan dasar buah pepaya.

Pelatihan diikuti oleh kurang lebih 20 ibi-ibu dari Koperasi Wanita Tani (KWT) desa setempat. Mereka cukup antusias mengikuti pelatihan tersebut. Selain materi dalam pelatihan tersebut dilakukan praktek langsung sehingga peserta pelatihan dapat mengolah buah pepaya langsung. Diharapkan dengan adanya pelatihan tersebut, dapat memberikan alternatif bagi masyarakat untuk mengolah buah pepaya, tidak hanya dijual dalam bentuk segar saja. Disisi lain pengolahan buah pepaya dapat meningkatkan nilai ekonomis buah pepaya jika dibandingkan dijual dalam bentuk segar.

by: Bara Yudhistira