Sosialisasi Program Mahasiswa Wirausaha UNS

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

picture-053

Pusat Pengembangan Kewirausahaan menyelenggarakan Sosialisasi Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) bagi Mahasiswa Universitas Sebelas Maret. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Hari Senin, tanggal 22 Maret 2010 bertempat di Aula Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret.

Adapun acara dalam kegiatan tersebut meliputi,

  1. Laporan Panitia Pelaksana
  2. Sambutan Pembantu Rektor III UNS
  3. Pengarahan dari Pembantu Rektor I UNS
  4. Materi Sosialisasi Program Mahasiswa Wirausaha

Program Wirausaha Mahasiswa adalah kegiatan yang dilaksanakan atas kerjasama antara Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dengan Biro Kemahasiswaan dan Pusat Pengembangan Kewirausahaan LPPM UNS.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan PMW yaitu:

  1. Merubah mindset mahasiswa dari seorang pencari kerja (job seeker) menjadi seorang pencipta kerja (job creator).
  2. Menumbuhkan motivasi berwirausaha di kalangan mahasiswa.
  3. Membangun sikap mental wirausaha yakni percaya diri, sadar akan jati dirinya, bermotivasi untuk meraih suatu cita-cita, pantang menyerah, mampu bekerja keras, kreatif, inovatif, berani mengambil resiko dengan perhitungan, berperilaku pemimpin dan memiliki visi ke depan, tanggap terhadap saran dan kritik, memiliki kemampuan empati dan keterampilan sosial.
  4. Meningkatkan kecakapan dan ketrampilan para mahasiswa khususnya sense of bussines
  5. Menumbuhkembangkan wirausaha-wirausaha baru yang berpendidikan tinggi
  6. Menciptakan unit bisnis baru yang berbasis ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
  7. Membangun jejaring bisnis antar pelaku bisnis, khususnya antara wirausaha pemula dan pengusaha yang sudah mapan

Sosialisasi PMW tersebut dihadiri oleh 575 mahasiswa dari berbagai fakultas di lingkungan Universitas Sebelas Maret. selain peserta, kegiatan tersebu juga dihadiri oleh beberapa pejabat di lingkungan UNS seperti Pembantu Rektor I, Pembantu Rektor III, Ketua LPPM UNS, Kepala Biro Kemahasiswaan dan Kepala PPKwu LPPM UNS.

sebagai tindak lanjut dari sosialisasi tersebut yaitu dilaksanakan pendaftaran mahasiswa yang berminat mengikuti Program Mahasiswa Wirausaha. adapun pendaftaran dilaksanakan tanggal 23 Maret – 1 April 2010.

Selain sosialisasi program, dalam kegiatan tersebut ditampilkan profil Mahasiswa wirausaha yang telah mengikuti program PMW Tahun 2009.